Senin, 19 Oktober 2015

Tips dengarkan pelanggan anda

Dengarkan Pelanggan Anda
Dari Mutif
1. Dengarkan Pelanggan Anda 1Pelanggan adalah orang paling penting di kantor/perusahaan ini, baik dalam wujud pribadi maupun dalam wujud surat. Pelanggan tidak tergantung kepada kita, kitalah yang tergantung kepadanya. Pelanggan bukan merupakan gangguan terhadap kerja kita, melainkan tujuan dari kerja kita. Kita tidak berbuat kebaikan dengan melayaninya, tetapi dialah yang berbuat kebaikan karena memberikan kesempatan kepada kita untuk melayaninya.
Pelanggan merupakan asset terbesar bagi perusahaan karena tanpa mereka perusahaan tidak akan ada. Kelangsungan suatu bisnis mutlak bergantung dari ada tidaknya perhatian yang besar terhadap kebutuhan pelanggan.
Semakin banyak dan semakin loyal pelanggan terhadap Anda, semakin kuat kemungkinan bisnis Anda meraih sukses.
Sudahkah Anda memberikan yang terbaik untuk pelanggan? Bagaimanakah Anda melayani pelanggan dengan baik? Pertama-tama Anda harus peduli terhadap pelanggan Anda.
Seorang bijak pernah berkata, seorang penjual yang baik perlu mempunyai pengetahuan dan wawasan, tetapi semua itu tidaklah berarti di mata pelanggan sampai mereka tahu seberapa peduli Anda terhadap mereka.
Bagaimana cara menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap pelanggan Anda? Anda bisa memulainya dari hal yang sederhana, misalnya apakah Anda mengetahui makanan kesukaan mereka, tanggal lahir mereka, apakah Anda mengenal pekerjaan mereka dan masih banyak lagi.
Bayangkan bila Anda bertemu dengan seorang pelanggan dari sebuah pekerjaan tertentu dan Anda tidak pernah mendengar pekerjaan mereka, bagaimana perasaan pelanggan Anda? Sebaliknya, ketika mengenal pekerjaan pelanggan akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dan pada akhirnya memudahkan Anda untuk menjual.
Saatnya menunjukkan kepedulian terhadap pelanggan dan mendengarkan pelanggan Anda.

Tidak ada komentar: